Pengertian Sebuah Aborsi Menurut Ahli

Pengertian Sebuah Aborsi Menurut Ahli - Abortus adalah berakhirnya kehamilan sebelum janin dapat hidup di dunia luar (didunia), tanpa mempersoalkan penyebabnya. Bayi baru mungkin hidup di dunia luar bila berat badannya telah mencapai lebih daripada 500 gram atau umur kehamilan lebih daripada 20 minggu.

Abortus spontan adalah merupakan mekanisme alamiah yang menyebabkan terhentinya proses kehamilan sebelum berumur 28 minggu. Penyebabnya dapat oleh karena penyakit yang diderita si ibu ataupun sebab-sebab lain yang pada umumnya berhubungan dengan kelainan pada sistem reproduksi, atau terkadang pula makanan maupun pola hidup pada si ibu tersebut kurang bagus, sehingga terjadi aktif keguguran alami.

Abortus spontan (spontaneous abortus), ialah aborsi yang tidak sengaja (keguguran alami). Abortus spontan bisa terjadi karena penyakit sifilis, kecelakaan dan sebagainya.

Aborsi yang disengaja (abortus provocatus / induced pro abortion). Aborsi ini terbagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut :
  1. Abortus artificialis therapicus, ialah aborsi yang dilakukan oleh dokter atas dasar indikasi media. Misalnya jika kehamilan diteruskan bisa membahayakan jiwa si calon ibu, karena misalnya terkena penyakit-penyakit yang berat, antara lain TBC yang berat atau penyakit ginjal yang berat.
  2. Abortus provocatus criminalis, ialah aborsi yang yang dilakukan menggunakan Obat Aborsi tanpa dasar indikasi medis. Misalnya, aborsi yang dilakukan untuk meniadakan hasil hubungan seks diluar perkawinan atau untuk mengakhiri kehamilan yang tidak dikehendaki.
Pengertian pengguguran kandungan atau aborsi atau abortus menurut ahli: 
  1. Medis : abortus adalah berakhirnya kehamilan melalui cara apapun sebelum janin mampu bertahan hidup pada usia kehamilan sebelum 20 minggu didasarkan pada tanggal hari pertama haid normal terakhir atau berat janin kurang dari 500 gram ( Obstetri Williams, 2006).
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia : terjadi keguguran janin, melakukan abortus (dengan sengaja karena tidak menginginkan bakal bayi yang dikandung itu). 
  3. Keguguran adalah pegeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan (Rustam Muchtar, 1998). 
  4. Istilah abortus dipakai untuk menunjukkan pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan. Sampai saat ini janin yang terkecil, yang dilaporkan dapat hidup di luar kandungan, mempunyai berat badan 297 gram waktu lahir. Akan tetapi, karena jarangnya janin yang dilahirkan dengan berat badan di bawah 500 gram dapat hidup terus, maka abortus ditentukan sebagai pengakhiran kehamilan sebelum janin mencapai berat 500 gram atau kurang dari 20 minggu
Aborsi (Inggris : abortion, latin : abortus) berarti keguguran kandungan. Dalam bahasa arab, aborsi disebut isqat al-haml atau ijhad, yaitu pengguguran janin dalam rahim. Menurut istilah kedokteran, aborsi berarti pengakhiran kehamilan sebelum gestasi (28 minggu) atau sebelum bayi mencapai berat 1000 gram. Menurut Fact About Abortion, Info Kit On Women’s Healt oleh institut for social, studies and action, maret 1991, dalam istilah kesehatan aborsi di definisikan sebagai penghentian kehamilan setelah tertanamnya telur (ovum) yang telah dibuahi dalam rahim (ovum), sebelum usia janin mencapai 20 minggu.

Dari penjelasan dari kami tentang Pengertian Sebuah Aborsi Menurut Ahli semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari ilmu baru untuk studi pengertian aborsi.

Artikel Terkait


Silahkan Baca Juga Artikel Lainnya yang serupa dengan Pengertian Sebuah Aborsi Menurut Ahli agar anda dapat informasi yang lebih banyak mengenai Tips dan Cara Aborsi yang di Infokan disini... Terima Kasih sudah mau mengunjungi dan Membaca Postingan kami dan jika bermanfaat silahkan beri bintang di bawah ini.
{[['']]}

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar